Jumat, 20 Maret 2009

Bunga Matahari.....

Bunga Matahari
(Helianthus Annus)

Tanaman asli Amerika yang bentuk bunganya seperti matahari ini ternyata punya banyak hasiat. Selain bijinya sedap dimakan sebagai camilan, bunga hingga akarnya bermanfaat mengobati berbagai penyakit.

Khasiat bunga antara lain menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri (analgetik) saat sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri haid (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastricpain), radang payudara (mastitis), rematik (arthtritis), dan sulit melahirkan.

Biji bunga matahari berkhasiat meningkatkan metabolisme, peluruh kencing (diuretik), dan mengeluarkan racun dari tubuh. Bijinya juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, tidak nafsu makan, rasa lesu, disentri berdarah, reumatik gout (akibat asam urat yang tinggi), pegal linu, dan merangsang keluarnya bintik merah pada penyakit campak.

Kasiat bagian tanaman lainnya seperti akar adalah sebagai anti radang, peluruh air seni, dan menghilangkan nyeri, disamping juga untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran napas, pereda batuk rejan (pertusis), dan keputihan, sementara daunnya juga berkhasiat sebagai antiradang, mengurangi rasa nyeri dan antimalaria. Manfaatnya semakin lengkap dengan khasiat sumsum batang dan dasar bunga, yaitu; untuk mengobati kanker lambung, kanker esophagus, nyeri lambung, air kemih berdarah (hematuria), air kemih berlemak (chyluria), merangsang pengeluaran urin dan menghilangkan rasa nyeri saat buang air kemih.


http://www.conectique.com/tips_solution/health/herbs/article.php?article_id=4900

Tidak ada komentar:

Posting Komentar