Sabtu, 21 Februari 2009

Ada yang berminat

Pernah kepikiran jadi Konsultan politik atau image maker?? mumpung lagi anget2 nya kampanye caleg dari puluhan parpol disambung Pemilihan presien, karier baru nih..msih segar fresh from the oven bisa dinikmati sambil ngopi atau ngeteh (maksud loo????) seriously keren juga nih karier, gk semata cuma orang politik aja lo yg bisa nyebur dlm kerjaan ini, karena ternyata beragam keahlian diperlukan dalam lapangan kerja baru ini.

Intinya sih untuk jadi konsultan politik ini diperlukan 3 syarat :

  1. kemampuan akademis d bidang politik
  2. memiliki jejaring (network) dan keluasan lobi
  3. harus punya jiwa bisnis

Kata2 itu aq kutip dari pendapatnta Bapak Denny JA (Ketua Lingkaran Survei Indonesia)
Lah koq mesti punya jiwa bisnis segala??gitu kli ya mikirnya, btw kalau dipikir2 siapa bilang kampanye politik bukan bisnis...wah ini sebuah bisnis yang gk main2 , besar bgt nilainya malah...bayangin puluhan parpol artinya ada ratusan atau bahkan ribuan caleg dan biaya kampanye pastinya gk dikit lo...so isn't it big ha??

Kalau image maker tu apaan sih??tugasnya mereka pada intinya sih untuk membangun kesan / image atau brand (merk) gamapangnya mempromosikan klien mereka sebaik mungkin unuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, mereka lebih nggarap ke bagian advertisingnya , buat iklan di tv,koran,brosur2,spanduk de el el , sebelumnya dilakukan survei dulu terhadap karakteristik pemilih ada yg loyal sm partai, loyal sm tokoh, swing voters (gampang berubah2), atau yg gak peduli sama sekali, baru deh dicari gimana cara terbaik utk mengenalkan calon sama pemilih.

Jadi konsultan politik menangkap aspirasi pemilih, isu apa saja yang dianggap penting dan perlu diperjuangkan , lalu memberi advis bagaimana mengubah peta dukungan terhadap si calon, ini masih pendapat dari bapak Denny JA juga, hasil diskusi ini nanti yang diolah oleh image maker untuk disampaikan ke masyrakat...yaitu lewat iklan, semboyan, jargon misalnya..contohnya nih ...Coblos kumisnya! (jargon yang diapakai bapak fauzi bowo waktu pilkada jakarta 2007), sederhanany iklan atau jargon yang "kena" di masyarakat,"nyantol" di otak , jd kl liat atau dengar iklan ini ingat sm calon yang itu...gt lo.

So, siapa bilang jaman kampanye gini yg ribet en sibuk sum para politisi aja, buktinya para konsulatan dan image maker jg ikut ribet (tapi seru) jg lo, yg punya jiwa kreatif bisa ngurusin iklan, yg suka penelitian bisa ngurusin riset (statistik, pooling dll), yang suka nge blog jg bisa bikinin promosi lewat blog atau macem2 lainnya deh sesuai dengan keperluan...
So wanna try some new, fresh, yummy,hot career like this one??

Bagi2 cerita lagi ya lain kali
End up for now
Sign out..bai baiiiiiiiiii.....

( Ide nulis ini aq dapat setelah baca sebuah majalah, jadi isinya banyak yg ngambil dari majalah tsb, ditambahin dikit, dikurangin dikit, gak terlalu pedas tambah krupuk yg banyak...voila jadi deh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar